Kerjakan Sesuatu dengan Ikhlas dan Benar, Tambahkan Cinta dan Kurangi Benci

Selasa, 12 Februari 2013

Apa itu Kebenaran ?

Jika sesuatu itu benar hari ini, hal itu juga harus benar besok. Jika hal itu benar besok, hal itu juga harus benar lusa. Maka hal itupun harus benar 100 tahun kemudian atau sejuta tahun kemudian dan begitu seterusnya tanpa batas waktu. Jika hal itu benar hari ini, hal itu harus benar kemaren dan melalui logika yang sama, harus benar jutaan tahun yang lalu dan begitupun pada masa sebelumnya yang tidak terbatas.

Jika hal itu benar disini, hal itu juga harus benar dimana saja ditempat lain. Secara logika, kebenaran adalah sama diseluruh alam semesta. Sekarang kita dapat mendefenisikan kebenaran sebagai sesuatu yang tidak berubah dan tidak tergantung pada ruang dan waktu.

Dalam pencarian akan kebenaran, seluruh alam semesta dan segala hal yang ada didalamnya bersifat tidak permanen dan berubah-ubah sehingga tidak bisa disebut kebenaran sebagai didefenisikan di atas. Lalu dimana kebenaran bisa ditemukan ?

Hanya ada satu tempat dimana kita belum mencarinya dan itu adalah pencarian didalam diri. Ini adalah awal dari pencarian pengetahuan diri sejati(self knowledge) atau pengetahuan tentang diri atau kesadaran jati diri(self realization).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar